BERGEGAS, KPU SIAP REKRUT 160 ORANG PPK

foto-keg
BAWASLU DATANGI KPU, SIAP SUKSESKAN PILKADA CIANJUR 2020
17 Januari 2020
whatsapp-image-2020-01-17-at-18-18-19
Bapaslon Ambil SILON
17 Januari 2020

BERGEGAS, KPU SIAP REKRUT 160 ORANG PPK

whatsapp-image-2020-01-18-at-11-30-52

Jumat, 17 Januari 2020 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait. Rapat koordinasi tersebut dalam rangka pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur 2020 yang bertempat di kantor KPU Cianjur. Rapat koordinasi dipimpin langsung oleh Selly Nurdinah, Ketua KPU Kabupaten Cianjur dan dihadiri oleh Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal ini diwakili oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Kesehatan dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Cianjur.
Rapat koordinasi dengan instantsi terkait ini penting dilakukan agar pelaksanaan pesta demokrasi pada tanggal 23 September 2020 dapat terlaksana sesuai tahapan dan prosedur yang telah ditentukan, lebih khusus diharapkan antara KPU dan Lembaga terkait dapat bersinergi dalam tahapan pembentukan badan ad hoc penyelenggara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Cianjur 2020 baik dalam pembentukan PPK yang tahapannya sedang berlangsung maupun pembentukan PPS dan KPPS kedepannya. Dengan sinergitas ini berharap output dari proses perekrutan penyelenggaraan pemilihan dalam hal ini PPK mampu menghasilkan penyelenggara yang berkualitas mempunyai integritas, netral dan tidak memihak.
Selain itu dalam pemenuhan salah satu syarat menjadi PPK, KPU bersama Dinas Kesehatan bekerja sama untuk mempermudah pelayanan mendapatkan surat keterangan kesehatan di Puskesmas bagi calon PPK yang akan mendaftar. Selanjutnya, rapat tersebut mengkoordinasikan aturan dari instansi lain daintaranya mengenai pegawai kontrak pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) sebagaimana tercantum dalam Peraturan Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) sesuai dengan peraturan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang mengatur terkait tidak diperbolehkan merangkap jabatan sebagai penyelenggara pemilu.
Sementara itu, Dinas Pendidikan apabila diperlukan siap membantu mensukseskan pembentukan badan ad hoc dengan mempersiapkan sumber daya manusia yang dapat didistribusikan menjadi penyelenggara pembentukan badan ad hoc untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020. Berdasarkan tahapan pada 15 s.d 14 Febuari 2020, KPU Cianjur akan merekrut sebanyak 160 orang anggota PPK dengan sebaran sebayak 5 orang di setiap kecamatan.