Launching RPP KPU Kabupaten Cianjur

Sidalih Pilkada 2018 Kembali Dibuka, Arief Minta Masyarakat Aktif Cek Data Pemilih
12 Juli 2017
Rekapitulasi DAK2 Pilkada 2018
4 Agustus 2017

Launching RPP KPU Kabupaten Cianjur

img_3258

CIANJUR – kpud-cianjurkab.go.id, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cianjur pada hari ini, Selasa (18/7), melaksanakan Launching Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Kabupaten Cianjur. Acara ini dihadili oleh Bupati Cianjur yang diwakili oleh Asda III Aban Sobandi, SH., MM., beberapa perwakilan Muspida yang ada di wilayah Kabupaten Cianjur, Perwakilan Partai Politik, dan siswa – siswi perwakilan SMA/SMK atau sederajat serta perwakilan disabiltas.

Rumah Pintar Pemilu adalah wadah informasi dalam demokrasi yang diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran berdemokrasi di KPU Kabupaten Cianjur. Dalam sambutan Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Anggy Shofia Wardani, SH., MH., menyatakan ” Program ini (RPP) merupakan program nasional KPU RI yang diharapkan dapat memberikan sumber informasi dan Pendidikan Politik bagi siswa, mahasiswa dan masyarakat secara umum, sehingga masyarakat atau Pemilih Pemula dapat ikut andil pada Prosesi Pemilu ataupun Pilkada yang akan diselenggarakan”.

Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Kabupaten Cianjur diberi nama Paviliun Pintar Pemilu terdiri dari 3 (tiga) ruangan, yaitu:

  1. Ruang Display yang diberi nama Ruang Husni Kamil Manik, merupakan ruang pemeran yang menyuguhkan Maket/Diorama Denah dan Tata Cara Pemungutan Suara di TPS, Papan Infromasi yang berisi Sejarah Pemilu, Pentingnya Pemilu dan Demokrasi, Denah Pemungutan dan Penghitungan Suara, Presiden dan Wakil Presiden RI dari Masa ke Masa, Spesimen Surat Suara, Profil Komisioner KPU, dan Rekapitulasi Hasil Pemungutan Suara, Buku dan Leaflet Paviliun Pintar Pemilu, Anjungan Layar Sentuh yang berisi Sejarah Pemilu, Aplikasi dan Website Kepemeluan.
  2. Ruang Audio Visual yang diberi nama Ruang KH. Adullah bin Nuh, merupakan ruang multi media yang menampilkan video dokumentasi kegian pemilu, baik nasional maupun daerah dengan kapasitas tampung sebanyak 45 orang.  Pada ruang audio visual tersedia layar, sound-sistem, tata cahaya, kursi penonton, projector, perangkat pemutar film, tenaga teknisi.
  3. Ruang Diskusi yang diberi nama Ruang Prawatasari, merupakan ruang  untuk melakukan audiensi atau
    pertemuan/ diskusi/workshop/seminar/FGD tentang Pemilu dan Demokrasi. KPU dapat mengundang/ memfasilitasi para pegiat pemilu atau kelompok peduli pemilu/masyarakat umum dari berbagai segmen, yang akan melahirkan banyak ide/gagasan/evaluasi untuk perbaikan proses pemilu dan demokrasi.
The gallery was not found!