PILGUB 2018 – Antisipasi DPPh dan DPTb, KPU Kabupaten Cianjur Gelar Bimbingan Teknis

PENGUMUMAN PENDAFTARAN CALON ANGGOTA KPPS
PILGUB 2018 : Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota KPPS PILGUB 2018
9 Mei 2018
PILGUB JABAR 2018 - SOSIALISASI DENGAN KELOMPOK PEMILIH PEREMPUAN, TOKOH MASYARAKAT, DAN DISABILITAS PADA PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR JAWA BARAT TAHUN 2018
PILGUB JABAR 2018 – SOSIALISASI DENGAN KELOMPOK PEMILIH PEREMPUAN, TOKOH MASYARAKAT, DAN DISABILITAS PADA PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR JAWA BARAT TAHUN 2018
9 Mei 2018

PILGUB 2018 – Antisipasi DPPh dan DPTb, KPU Kabupaten Cianjur Gelar Bimbingan Teknis

Bimtek DPTb dan DPPh

Pacet, kpud-cianjurkab.go.id.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur menggelar Bimbingan Teknis Daftar Pemilih Tambahan dan Daftar Pemilih Pindahan pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018, bertempat di Delaga Biru Hotel tanggal 07 sampai 08 Mei 2018.

Bimbingan Teknis ini dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Cianjur Anggy Shofia Wardany, Komisioner Divisi Program dan Data Kusnadi, Komisioner Divisi Keuangan, Umum dan Logistik Baban Marhaenda, Komisioner Divisi SDM dan Parmas Hilman Wahyudi, Sekretaris KPU Kabupaten Cianjur Endan Hamdani, Kasubag Hukum Jamaludin beserta para staff program dan data. Peserta dalam kegiatan ini yaitu 32 anggota PPK Divisi Program dan Data Se-Kabupaten Cianjur.

Bimtek dibuka resmi oleh Ketua KPU Kabupaten Cianjur. Selanjutnya diserahkan kepada Komisioner Divisi Program dan Data untuk memberikan pengarahan. “Daftar Pemilih Pindahan (DPPh) yaitu para Pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT, tapi menggunakan hak pilihnya di TPS berbeda,” ujar Kusnadi. “Bagi Pemilih yang terdaftar dalam DPT tapi menggunakan hak pilihnya di TPS lain, harus menggunakan Form A5 dengan batas waktu paling lambat tiga hari sebelum pemungutan suara,” tambahnya. Kusnadi juga menjelaskan mengenai Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). DPTb ialah warga yang memenuhi syarat sebagai Pemilih namun tidak terdaftar dalam DPT, Pemilih dapat menggunakan hak pilihnya dengan syarat membawa KTP Elektronik atau Suket dan dapat memilih pada waktu satu jam sebelum TPS ditutup. “Jika ada Pemilih yang ingin ikut mencoblos tapi tidak terdaftar di DPT, Petugas harus melakukan verifikasi dengan memakai KTP Elektronik ataupun Surat Keterangan kemudian didata kedalam form A.Tb-KWK dan dipersilahkan untuk ikut memilih pada saat satu jam sebelum penutupan TPS atau setelah jam 12 siang,”ujar Kusnadi.

Selain itu, Disdukcapil ikut memberikan materi dalam kegiatan Bimtek ini. Dalam materinya, Disdukcapil memberikan penerangan mengenai dukungan pihaknya menuju Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018. Kegiatan ini berjalan secara lancar disertai tanya jawab antara peserta dengan pemateri. Peserta mengikuti jalannya kegiatan BimTek dengan melakukan simulasi perihal DPPh dan DPTb.